Senin, 25 November 2013

Cara Membersihkan Lubang Telinga

Cara Membersihkan Lubang Telinga - Bagaimana cara membersihkan lubang terlinga yang benar ? Dalam membersihkan telinga kita mesti hati-hati agar lubang telinga bagian dalam tidak sampai terlukai, karena dapat menyebabkan infeksi pada lubang telinga.

Telinga yang berfungsi sebagai indera pendengaran merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Telinga yang terdiri dari daun telinga, lubang telinga, gendang telinga dan bagian-bagian lain di dalam telinga. Dalam lubang terlinga terdapat kotoran yang mesti kita bersihkan tapi harus dengan cara yang benar, kotoran yang ada dalam lubang telinga berasal dari cairan yang diproduksi oleh telinga bagian dalam. Untuk membersihkannya kita mesti hati-hati dan waspada sebab membersihkan telinga dengan cara yang benar dapat membantu merawat kebersihan dan kesehatan telinga.

Berikut ini Cara Membersihkan Telinga Bagian Dalam Dengan Benar :
  • Cutton Bud, yang merupakan alat pembersih telinga yang paling umum digunakan untuk membersihkan lubang telinga, namun kita mesti hati-hati dalam menggunakan cutton bud ini karena kadang kita merasa tidak sadar ketika sedang membersihkan telinga dan menimbulkan rasa geli dan biasanya muncul kecerobohan yang dapat berakibat sehingga dapat melukai gendang telinga bagian dalam. Untuk menghindari agar tidak terjadi infeksi didalam telinga alangkah baiknya tidak membersihkan telinga terlalu dalam, cukup bagian luarnya saja.
  • Kain Basah, menurut dokter ahli THT, tidak higienis menghilangkan kotoran dalam lubang telinga, karena kotoran telinga yang berwarna coklat ke hitam-hitaman juga dapat berfungsi untuk menghambat masuknya serangga kecil kedalam lubang telinga. Kain basah ini dapat membantu membersihkan telinga bagian luar, usapkan pada telinga secara perlahan-lahan.
  • Air juga dapat menghilangkan kotoran dalam telinga, pastikan air yang Anda gunakan bersih campurkan dengan sedikit baby oil lalu usapkan pada telinga secara perlahan dengan kain tipis, air yang digunakan jangan sampai masuk kedalam lubang telinga bagian dalam.
  • Bisa juga dengan menggunakan Baby Oil, cara menggunakannya dengan meneteskan 2 sampai 3 tetes kedalam telinga, lakukan hal ini sebelum tidur malam, dan esok harinya Anda terbangun segeralah bersihkan telinga dengan menggunakan handuk tipis atau pembersih telinga.
Menurut Dokter THT, telinga sejatinya memiliki kemampuan sendiri untuk membersihkan kotoran yang masuk ke telinga. Cairan lengkat berwarna kecoklatan yang sering menempel didalam lubang telinga adalah hasil dari pembersihan diri yang dilakukan oleh telinga. Selama cairan tersebut tidak mengganggu pendengaran, sebaiknya tidak perlu sering-sering dibersihkan.

Larangan dalam Mebersihkan Lubang Telinga
  • Jangan membersihkan telinga dengan benda keras
  • Jangan terlalu dalam membenamkan alat pembersih telinga, apalagi sampai menyentuh organ bagian dalam telinga
  • Jangan membersihkan telinga bagian dalam dengan kuku atau jari tangan, karena kebiasaan ini akan membuat telinga menjadi infeksi
Membersihkan telinga yang baik dan benar yaitu dengan cara mengunjungi dokter ahli THT.

Jika terjadi infeksi pada lubang telinga bagian dalam sehingga keluar cairan dan menyebabkan bau yang tidak sedap, sehingga mengganggu aktivitas, kami mempunyai solusi agar terhindar dari penyakit telinga berair, caranya bisa Anda lihat di >> Obat Penyakit Telinga Berair Herbal
Like This Article ?

0 komentar

Posting Komentar

 
 
Copyright © 2013 Obat Penyakit Telinga Berair Herbal - All Rights Reserved
Design By Luhur Fatah - Powered By Blogger